Halaman

Amazon


Jumat, 20 Agustus 2010

Email dan Peranannya

Satu minggu ini, gmail akun saya tidak dapat diakses sama sekali. Pesan error muncul dan kemudian ada pesan untuk memverifikasi akun tersebut melalui sms. Setelah mengikuti petunjuk tersebut, selama beberapa hari kode aktivasi tidak muncul jua. Wah,,repot juga ini...dalam akun email tersebut, terdapat beberapa kontak email dan email yang lumayan penting berada didalamnya. Perkiraan sementara ada kemungkinan email tersebut digunakan oleh orang lain...begitu ada kesempatan, dilakukan pelaporan kepada google mengenai reset password dan kemungkinan akun email tidak dapat diakses karena ada kemungkinan tersebut.

Dalam hari yang sama kode reset password telah dikirimkan ke email lain yang dapat di akses. Akhirnya akun email tersebut dapat diakses kembali. Pertanyaannya, kenapa email tersebut tidak dapat di akses oleh sipemiliknya, walupun hanya digunakan sebagai mana mestinya.

Ada beberapa kasus dimana terdapat pembajakan email oleh orang lain, setelah dibajak, orang tersebut akan mengirimkan email yang berisi penipuan disertai permintaan tolong untuk mentransfer dana ke rekening si pembajak email kepada orang-2 yang terdapat dalam daftar email tersebut. Saya pernah mendapati email seperti itu, si empunya email tidak menyadari kalau emailnya sudah dibajak dan melakukan penipuan email berkedok permintaan transfer dana.

Pada dewasa ini, pemakaian email sebagai alat komunikasi menjadi sebuah kebutuhan primer. Dalam dunia nyata email bisa berfungsi sebagai identitas seseorang dalam internet. Untuk masuk dan media sosial internet, pengguna harus melakukan verifikasi emailnya agar dapat bergabung.

Kecenderungan email juga dijadikan identitas palsu untuk membuat suatu hal yang merugikan orang lain, tidak dapat disangkal.

Seperti layaknya orang menggunakan telepon yang menggunakan nomor sebagai identitas, email memainkan peranan penting dalam dunia internet sebagai identitas untuk berkomunikasi. Komunikasi yang dilakukan beragam, dari memulai suatu diskusi dunia maya (chatting,jejaring sosial) sampai dengan sebagai media promosi.

Teknologi informasi dalam dunia maya memang luar biasa perkembanngannya. Teknologi tersebut dapat menyediakan hampir semua informasi yang kita tahu maupun yang tidak kita ketahui. Beberapa kasus malahan membuat heboh dan menyedot perhatian dunia serta dapat membahayakan suatu negara atau bangsa...wah luarbiasa.

Butuh banyak kemampuan dan wawasan untuk dapat membuat teknologi informasi yang satu ini dapat dijinakkan.......

*pHg*
Posting Komentar