Amazon


Kamis, 16 Februari 2012

Pencapaian dan Cita-cita

Pencapaian seseorang dalam mengarungi kehidupan dan masa depannya tak terlepas dari cita-cita nya yang selama ini dikejar. Pencapaian yang sempurna dan dianggap berhasil kemungkinan besar adalah karena pencapaian tersebut sesuai dengan cita-cita yang didambakannya. Demikian sebaliknya pencapaian akan dianggap kurang berhasil apabila tidak sesuai dengan cita-cita yang diharapkannya. Adegium tersebut mungkin benar dan mungkin saja tidak. Pencapaian seseorang memang tidak selamanya berjalan lurus sesuai dengan cita-citanya selama ini.

Ketidakberhasilan seseorang dalam menggapai cita-citanya tidak bisa juga dibilang suatu kegagalan. Pencapaian dan cita-cita memang akan terasa sangat banyak apabila kita mau jujur menginvetarisnya dalam bentuk list. Seseorang yang telah berhasil dalam suatu bidang, entah sebagai pegawai, karyawan, pengusaha, olahragawan, ilmuwan, seniman dan lainnya kadang tidak berkolerasi positif dengan ap yang dicita-citakan selama ini. Pencapaian bisa dibilang suatu proses kehidupan dimana langkah demi langkah dinikmati dengan penuh ucapan syukur atas pencapaiannya selama ini, sedangkan cita-cita adalah penggambaran keinginan seseorang yang terpendam dan menjadi obsesi yang mendalam untuk suatu saat dapat menikmati pencapaian tersebut sesuai cita-cita.

Sebagai seorang pegawai, pencapaian yang didapat tidaklah bebas di ekspresikan sesuai dengan kehendak cita-cita. Liku-liku dalam meraih suatu pencapaian tidaklah mudah, bahkan terkesan berjalan sangat perlahan, bila tidak dikatakan mundur. Suatu pencapaian tidak selamanya membuat seseorang merasa sudah mendapatkan hal yang diinginkannya. Kadang pencapaian tersebut sangatlah berlawanan dengan kehendak, isi hati maupun cita-cita seseorang.

-pHg-

Posting Komentar