Halaman

Amazon


Kamis, 15 Maret 2012

Perbudakan Dalam Hedonisme

Keserakahan adalah bagian dari kehidupan kapital yang mengagungkan hedonisme sebagai gaya hidupnya. Betapapun konsekwensinya, buat kapitalis, tidak ada yang tidak dilakukan demi tercapainya tujuannya.

Dalam kehidupan, pekerjaan dan prosesnya, selalu saja harus ada yang dikorbankan dalam pencapaian suatu tujuan, yakni hedon. Prilaku pebisnis saat ini tidak jauh beda dengan sikap hedon, tidak perduli dalam pencapaiannya harus mengorbankan orang yang bekerja padanya maupun perusahaannya sendiri.

Sudah banyak yang kita ketahui dalam berita dan informasi bahwa posisi pekerja hampir tidak memiliki posisi tawar sama sekali terhadap perusahaan maupun para pemiliknya yang hedon. Sisi gelap pekerja kita dalam mempertahankan kehidupannya tidak banyak diekspos, seakan sudah menjadi rahasia umum bahwa nasib pekerja adalah budak dari sistim kapitalis serta pemilik perusahaan.

Rasanya ingin marah dan jengkel luar biasa ketika mengetahui pemilik usaha di perusahaan tempat kerja kita bersikap hedon dan tidak perduli dengan para karyawannya. Perilaku para pengusaha yang menguras sendiri pundi keuangan perusahaannya serta menelantarkan karyawannya adalah hal yang sangat memprihatinkan. Perilaku perbudakan yang dilakukan terhadap pekerja oleh pemilik perusahaan merupakan hal yang sangat bertentangan dengan moral kehidupan. Kejadian seperti ini banyak sekali terjadi saat ini.

Kenaikan harga BBM yang menjadi lokomotif buat kenaikan harga lainnya membuat kalangan pekerja semakin terjepit oleh keadaan yang serba susah ini. Nasib para pekerja seakan semakin terpinggirkan oleh perilaku para pengusahanya yang sangat hedonis.
Posting Komentar