Halaman

Amazon


Kamis, 25 Oktober 2012

Tips Untuk Memulai Usaha Sampingan

Berikut adalah beberapa hal yang Anda mungkin ingin mempertimbangkan sebelum Anda memulai usaha sampingan :

1. Anda perlu bertanya pada diri sendiri apakah peluang bisnis yang akan anda lakukan menjurus kepada konflik kepentingan dengan kepentingan pekerjaan Anda saat ini. Jika peluang usaha tersebut berada pada sektor usaha  yang sama dengan usaha kantor anda, kemungkinan besar akan ada konflik kepentingan. Diskusikan usaha yang anda rencanakan dengan atasan Anda secara jujur. Dan coba periksa apakah Anda memiliki klausul pembatasan perdagangan kontrak kerja Anda.

2. Pastikan bahwa usaha sampingan bisa dilakukan dalam secara paruh waktu atau bahwa hal itu dapat dijalankan manajerial. Atau apakah usaha sampingan tersebut akan sangat menyita perhatian anda, bila itu terjadi, maka kemungkina usaha sampingan tersebut akan berjalan denngan baik sangatlah kecil kemungkinannya.

3. Adalah suatu hal yang penting untuk dapat mengatur waktu Anda. Waktu kebersamaan bersama keluarga, atau tidak dapat memiliki waktu tidur yang cukup dapat menciptakan masalah. Jangan terlalu memaksakan diri. Banyak para pebisnis paruh waktu sangat meremehkan komitmen yang dibutuhkan untuk sukses.

4. Berkembang secara perlahan. Melakukan usaha sampingan hanya setelah Anda dapat mengontrol pekerjaan pertama anda secara penuh bila tidak maka usaha sampingan tidak akan berjalan.

5.Mempunyai tujuan akhir yang jelas dalam pikiran. Apakah usaha sampingan ini hanyalah sebuah sarana untuk penghasilan tambahan, atau akan menjadi pekerjaan penuh-waktu? Jika Anda berencana untuk berhenti dari pekerjaan anda sekarang, tetapkan garis waktu untuk transisi dari paruh waktu ke waktu penuh usaha anda sendiri.

6. Jangan menunggu waktu yang tepat. Waktu yang tepat tidak pernah datang. Itu selalu di suatu tempat di masa depan. Kenyataannya adalah bahwa untuk sebuah keberhasilan memulai usaha sampingan dengan melakukannya sekarang juga. Jangan menunggu sampai cukup banyak uang untuk memulainya, atau saat anak-anak Anda untuk tumbuh lebih dewasa. Menunggu waktu yang tepat adalah suatu bentuk penundaan keberhasilan.

7. Buat rencana. Jika Anda memiliki peta, anda tidak akan sampai ke tujuan Anda, dan hal yang sama berlaku untuk memulai bisnis paruh waktu. Pastikan Anda memiliki rencana bisnis, bahkan jika itu dalam format sederhana yang hanya Anda mengerti. Berapa jam dalam seminggu Anda ingin bekerja? Apa tujuan Anda dalam enam bulan, satu tahun dan lima tahun kedepan? Hal ini penting untuk menulis rincian jelas untuk memberikan arahan.

8. Jadilah siap untuk bekerja. Adalah baik untuk menjadi ambisius, tapi jangan berharap untuk mendapatkan apa saja tanpa kerja keras. Sebagian besar waktu, menjadi sukses secara langsung berkaitan dengan jumlah waktu dan energi yang Anda laksanakan ke dalam proyek.

9. Jangan lupa untuk memasarkan bisnis Anda. Tidak peduli seberapa kecil bisnis atau layanan, atau seberapa baik atau berguna itu, Anda masih perlu untuk memasarkannya kepada orang lain. Buat kartu nama dan brosur, gunakan dari mulut ke mulut dan internet untuk memberitahu orang lain tentang bisnis Anda.

-pHg-
Posting Komentar