Halaman

Amazon


Selasa, 15 Januari 2013

Banjir - Macet - Jakarta Metropolitan

Hari ini, Jakarta mengalami kebanjiran disemua tempat dan lingkungan dari mulai pinggiran kota sampai dengan pusat kota, dari lingkungan kumuh sampai lingkungan elit. Hujan yang mengguyur selama sepanjang malam, membuat kota Jakarta menderita beban banjir yang menggenang dimana-mana. Jakarta adalah sebuah kota metropolitan, yang memberikan magnet yang luar biasa untuk orang dari berbaagai penjuru mengais rezekinya di Jakarta. Menyandang kota metropolitan, Jakarta memiliki profile yang hampir sama dengan kota metropolitan lain di dunia.

Gedung pencakar langit, aktifitas perekonomian dan pusat pemerintahan menjadi ciri umum Jakarta sebagai kota metropolitan. Sayangnya ciri tersebut tidak banyak dikenal oleh masyarakatnya, dan yang paling terkenal oleh masyarakat bahwa Jakarta adalah gudangnya macet dan banjir.

Untuk kemacetan, setiap hari di jam pergi dan pulang kantor, Jakarta selalu mengalami kemacetan yang luar biasa. Jutaaan orang bergerak bersamaan dengan menggunakan kendaraan pribadi roda dua dan empat serta transportasi lain, masuk menuju Jakarta. Bisa dibayangkan, bagaimana mungkin gerakan arus manusia yang memasuki Jakarta sedemikian banyak dan bergerak perlahan ke pusat kota tidak membuat antrian yang menyebabkan kemacetan.

Untuk banjir, Jakarta sebagai kota metropolitan ternyata tidak kuat bahkan cenderung lemah untuk sekedar menghadapi hujan biasa. Pasalnya, baru beberapa saat hujan menerjang, pastinya daerah tersebut akan terjadi genangan bahkan banjir. Jangankan untuk menahan hujan semalaman, tidak terdapat hujan saja di Jakarta, banjir kiriman akan mengintai selalu sepanjang bantaran sungai Ciliwung. Tata kelola pengairan di kota metropolitan ini memang tergolong yang buruk.Harus diakui, Jakarta sebagai kota metropolitan sebenarnya sudah harus menyadari semua konsekuensinya. Kepadatan penduduknya, kepadatan kendaraan yang melaluinya serta bagaimana mengalirkan air hujan agar tidak tergenang dan bahkan banjir.

Banjir bukan saja menyebabkan kemacetan dijalan-jalan, juga membuat suatu daerah atau lingkungan menderita beban. Air yang masuk kedalam rumah bukanlah air yang bersih, melainkan air yang sudah bercampur dengan segala macam sampah dan kotoran yang memang selalu ada di Jakarta. Nah,, ternyata sampah juga menjadi ikon masalah yang tak kalah menariknya buat Jakarta. Ribuan ton sampah juga dihasilkan dari kota ini. Jadi kali ini masyarakat Jakarta menghadapi banjir, macet serta sampah secara bersamaan.

-pHg-
Posting Komentar