Amazon


Senin, 30 Maret 2015

Fenomena Kenaikan Harga BBM

Baru - baru ini Pemerintah RI menaikkan harga bahan bakar minyak, khususnya Premium menjadi 7400 rupiah dari sebelumnya 6900 rupiah. Hal ini merupakan kenaikan harga yang ke dua kalinya setelah sebelumnya juga naik 500 rupiah. Kenaikan bbm kali ini memiliki dampak psikologis pada pasar, yang umumnya menaikkan harga jual barang kebutuhan pokok, transportasi dan lainnya serta merepotkan bahkan menyulitkan hampir sebagian besar masyarakat. 

Kondisi yang semakin berkembang pasca kenaikan ini menjadi bentuk keresahan baru di masyarakat pada saat kondisi perekonomian sedang tidak baik buat sebagian besar masyarakat. Kenaikan nilai mata uang dollar Amerika dan pelemahan Rupiah menjadi dasar dari kenaikan bbm tersebut. Wakil Presiden mengungkapkan kenaikan bbm ini digunakan untuk pembangunan infrastruktur  sedangkan Presidennya memberikan komentar dengan meminta media menanyakannya kepada Menteri ESDM.

Sampai saat ini, berbagai keluhan berdatangan seiring dengan kenaikan bbm ini, dan di beberapa tempat terjadi demonstrasi menolak kenaikan bbm, yang dilakukan oleh para supir angkutan umum maupun mahasiswa. Inflasi akan terpengaruh oleh kenaikan bbm ini, terutama  untuk bulan Maret dan April. Analisa dan diskusi para pakar pasca kenaikan bbm ini  beragam, dari yang memberikan pernyataan tidak akan berpengaruh terhadap sensitifitas daya beli masyarakat, karena laju inflasi masih dibawah dua persen, dan ada juga yang menolak secara tegas kenaikannya.

Apapun itu, saat ini kenaikan harga bbm menjadi fenomena tersendiri, kendala penguatan mata uang dollar Amerika, krisis Yaman, dan kenaikan harga minyak dunia. Fenomena ini juga memberikan efek terhadap harga bahan pokok terus merangkak naik, dan tak pernah turun. 

Apapun itu, kenaikan demi kenaikan akan terus dialami dan dirasakan oleh rakyat Indonesia, dari mulai TDL Listrik, BBM, Gas, Air bersih, kebutuhan dasar, transportasi sampai dengan hal lain. Sepertinya, Pemerintah saat ini terus menerus membuat masyarakatnya menanggung semua pelayanan menjadi mahal....



-phg-
-GSolusi-

Posting Komentar