Halaman

Amazon


Sabtu, 18 Februari 2012

Pendidikan Dan Bisnis

Pendidikan, suatu kata yang sarat dengan makna yang bernuansa keilmuan,wawasan,kearifan,pengetahuan kedewasaan dan lainnya yang berhubungan dengan sesuatu yang baru dan dapat dipelajari atau diajarkan, sedangkan Bisnis memiliki makna yang sarat dengan ekonomi, keuntungan,prilaku pasar,kemapanan, atau hal lain yang berhubungan dengan pemamfaatan sesuatu secara ekonomi.

Sungguh dua kata yang memiliki ciri dan karakter yang berbeda dan cenderung tolak menolak. Pendidikan disatu sisi bisa dianggap sesuatu kata yang memiliki sifat sosial yang kental dilain pihak bisnis berkonotasi memperalat sifat sosial sebagai bahan dasar analisanya.

Sejarah mencatat, bahwa republik ini memiliki persoalan pendidikan yang panjang. Ketidak mampuan pengelola negara dalam menjalankan amanat konstitusinya untuk memberikan pendidikan yang layak, terjangkau dan merata ke semua warga negaranya menjadi momok yang paling kental. Sedangkan hal lain yang berhubungan dengan bisnis merupakan suatu problema tersendiri, dimana akses untuk pengelolaannya masih dinikmati oleh sebagian saja masyarakatnya.

Berangkat dari ketidak mampuan pengelola negara dalam memberikan akses pendidikan yang merata dan terjangkau bagi masyarakatnya, kini pendidikan mendekati aksioma bisnis dalam pengelolaannya dalam menghidupi keberadaanya. Bisnis kali ini memiliki potensi tersendiri untuk masuk kedalam bidang pendidikan, disisi lain pendidikan kini sudah mulai menumbuh kembangkan keberadaannya dengan mengadopsi prilaku bisnis.

Pencampuran dua kata yang memiliki karakter bertolak belakang ini, menimbulkan suatu aksioma tersendiri dalam masyarakat. Pendidikan yang sejatinya menjauhkan hal-hal yang bersifat bisnis kini berteman sangat dekat dalam pengelolaannya. Nilai pendidikan menjadi sangat tergantung kepada nilai lain yang berhubungan dengan bisnis. Bahkan, cenderung muncul tampilan tersendiri dari pencampuran tersebut, yakni pendidikan itu mahal.

Lalu, hal apa saja sebenarnya yang menjadikan pembenaran bahwa pendidikan itu mahal.
Refleksi ini akan terasa saat mendekati tahun ajaran baru.
Selamat menikmati pendidikan dan bisnis.

-pHg-
Posting Komentar